ImagePuluhan Meninggal! Banjir Bandang dan Lahar Dingin...
Image

Puluhan Meninggal! Banjir Bandang dan Lahar Dingin Terjang Sumatra Barat

Image
Sumatra Barat
Rp 0 terkumpul dari Rp 50.000.000
0 Donasi 1 bulan, 4 hari lagi

Penggalang Dana

Image
Image
Verified Organization

Bencana banjir bandang lahar dingin melanda wilayah Sumatera Barat (Sumbar). Banjir lahar dingin ini terjadi di sejumlah kabupaten/kota sejak Sabtu (11/5/2024), dan hingga kini mengakibatkan puluhan korban meninggal dunia.

Imbas bencana tersebut, pemerintah setempat kemudian menetapkan masa tanggap darurat banjir bandang dan banjir lahar dingin Gunung Marapi selama 14 hari. Masa tanggap darurat itu dimulai sejak tanggal 12 hingga 25 Mei mendatang.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan pemicu banjir bandang, banjir lahar hujan dan longsor di Sumatera Barat adalah hujan dengan intensitas sedang hingga sangat lebat, ini berdasarkan analisis BMKG per tanggal 6 Mei 2024.


Lahar Berasal dari Erupsi Gunung Marapi

Material dari erupsi Gunung Marapi berupa lahar dingin yang hanyut tersebut terbawa hingga menerjang tiga kabupaten yang berada di sekitarnya. Termasuk di antaranya yaitu Kabupaten Agam, Tanah Datar, Tanah Panjang, dan Padang Pariaman.

Apa Itu Banjir Lahar Dingin dan Penyebabnya?

Sebagai tambahan informasi, seperti dikutip dari situs resmi Perpustakaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), banjir lahar dingin adalah banjir besar bersama material vulkanik. Lahar dingin sendiri merupakan aliran air (air hujan) yang bercampur material vulkanik yang berasal erupsi gunung berapi.

Puluhan Orang meninggal!

Mengutip informasi dari BPBD Kab. Padang Panjang, BPBD Kab. Padang Pariaman, Kab. Limapuluh Kota, dan Kab. Tanah Datar bencana tersebut mengakibatkan 50 orang meninggal dunia, 37 orang terluka, 27 orang hilang, serta 3.396 orang mengungsi.

 

Sedangkan dampak musibah tersebut membuat 71 rumah hanyut terbawa arus, 125 unit rumah rusak sedang serta 32 unit rumah rusak ringan. Selain rumah warga, fasilitas umum seperti jembatan, dan fasilitas tempat ibadah juga alami rusak berat.

Sahabat peduli, yuk kita kirimkan uluran dan bantuan terbaik kita untuk saudara kita di Sumatra Barat. Kebutuhan mendesak saat ini yaitu selimut atau tikar, obat-obtan, makanan siap santap, air mineral, kebutuhan bayi dan hygene kit.

 

Mari kita doakan dan support sauadara kita, semoga musibah banjir lekas usai dan bisa kembali ke rumah masing-masing dengan keadaan sehat dan selamat.

1. Klik Tombol Donasi

2. Masukan Nominal Donasi

3. Pilih Metode Pembayaran

4. Ikuti Langkah Selanjutnya

  • May, 16 2024

    Campaign is published

Belum ada donasi untuk penggalangan dana ini

Doa-doa orang baik

Menanti doa-doa orang baik

Bagikan melalui:
✕ Close